Menu

LOVE LANGUAGE - MENGENAL 5 BAHASA CINTA DAN CARA MENGETAHUINYA | Putris Rezeki

 Assalamualaikum wr.wb, Hallo Ladies dan soib blog ku yang tercinta dan terkasih 😊

Sebuah sapaan manis dan hangat dariku untuk kalian, pembaca setia ku dan yang sudah follow blog ini 😘. Nah dari sapaan ku aja, udah paham nih ada yang berbeda kan,hihihi..

Jadi Tulisan kali ini,aku akan mengangkat Topik seputar percintaan. Buat kamu yang akan memulai suatu hubungan atau sudah memulai suatu relationship with your love, Nah kalian perlu banget mengetahui tentang Love Language yang artinya "Bahasa Cinta".

( gambar oleh putris rezeki)

Love Language ini kalo menurut aku sendiri tuh seperti cara penyampaian kasih sayang atau bentuk cinta kamu ke pasanganmu atau sebaliknya dari pasanganmu ke kamu. Kenapa aku bilang perlu !! Karena Love Language ini bisa menjadi dasar bagaimana kamu ingin diperlakukan oleh pasanganmu atau bagaimana pasangamu ingin diperlakukan oleh mu. Jadi simple nya, mengetahui "Karakter Cinta & Sayang" asikk banget gak tuh bahasaku, hihihi..


Buat kamu yang punya pasangan, Pasti kamu pernah mikir, "Gimana yah cara nunjukkin rasa sayang ke dia", "Dia nyaman gak yah menjalin Relationship sama aku?!", pemikiran-pemikiran semacam itu yang bisa membuat kamu menjadi bingung  atau cemas atau kadang menjadi unmood terhadap pasanganmu.

So jangan bingung lagi, baca tuntas biar gak bingung lagi dan bertanya-tanya dia sayang gak yah ama lo atau gimana yah cara memperlakukan pasangan lo, Let's talk about Love Language.

 LOVE LANGUAGE

Seperti yang ku tulis di awal, love language itu simplenya karakter pasangan kamu atau dirimu sendiri dalam cara dan ingin diperlakukan. Love Language ini sendiri adalah kosep dari seorang Dr. Gary Chapman, Seorang penulis buku Five Love Language asal Amerika. Beliau membahas mengupas lebih dalam tentang prinsip komunikasi dalam suatu hubungan. Dari situ Dr. Gary memperkenalkan bahasa cinta yang dapat diaplikasikan dalam suatu hubungan yang bisa merupakan hubungan ke keluarga, sahabat, dan pasangan.

CARA MENGETAHUI "LOVE LANGUAGE" DIRI SENDIRI

Ini sih penting banget untuk kamu ketahui terlebih jika kamu punya pasangan. Pasti kamu menginginkan pasangan mu, setidaknya memperlakukan kamu sesuai dengan harapanmu, jadi kamu bisa memberi tahu pasanganmu seperti apa karakter "love language" mu. Gak hanya komunikasi dua arah aja yang nyambung tapi bahasa cinta antara lo dan pasangan lo juga, jadilah hubungan yang adem-ayem nan romantis, hehehe... Jangan tanyain gw tingkat ke akuratan-nya bagaimana! kecuali kamu mencarikan aku jodoh,hahaha.. *numpang curol-curhat online.

Dr. Gary Chapman membagi menjadi lima katagori, Five Love Laguage, berikut Bahasa Cinta yang mungkin kamu miliki..

1. Words Of Affirmation

Bahasa cinta yang pertama ini adalah kalimat-kalimat positif seperti pujian, apresiasi atau ekspresi ucapan rasa kasih sayang dan cinta. Buat kamu yang memiliki bahasa cinta satu ini kamu akan senang bahagia ketika ada seseorang yang memberikanmu kalimat atau ucapan apresiasi, pujian atau kasih sayang dan cinta. Sebagai contoh, kamu merasa sangat bermakna atau merasa bener-bener disayang, merasa spesial ketika pasangan kamu mengucapkan "aku sayang banget sama kamu", suka ngucapin "i love you". atau ucapan apresiasi atas hal kecil "terima kasih sayang atas bantuannya", "terimakasih yah sudah mau jalan sama aku hari ini", "makasih sayang udah buat aku bahagia...". Gak ada yang salah dengan type karakter Words Of Affirmation, Mungkin terdengar klise bagi yang type cuek tapi sangat bermakna bagi pemilik Bahasa cinta "Words Of Affirmation".

2. Quality Time

Untuk kamu yang sangat menghargai waktu ketika bersama dengan orang yang terkasih, keluarga dan sahabat, Nah.. bahasa cinta satu ini tepat banget sebagai cerminan kamu. kamu akan merasa sangat bahagia ketika bisa memanfaatkan waktu tersebut bersama mereka tanpa gadget (sibuk dengan handphone ketika bersama). Misalnya ketika kamu bersama pasanganmu, kamu cendrung tak ingin ada hal lain selain hanya ingin bertukar cerita apapun tentang kalian satu sama lain mulai dari hal kecil,tertawa bercanda hingga hal serius. Kalo kamu merasa memiliki bahasa cinta "Quality Time" sudah pasti kamu orang yang senang bercerita, sehingga kamu pasti menginginkan pasanganmu sebagai Good Listener atau yang asik untuk diajak ngobrol.

3. Receiving Gifts

Untuk Love Language satu ini bukan berarti harus selalu diberi hadiah melulu atau diberi hadiah mahal. Melainkan lebih tentang sebuah Rasa dan Makna, dalam banget gak tuh bahasanya.. menurutku,hahaha. Buat kamu yang memiliki bahasa cinta satu ini, kamu akan merasa pasangan kamu sayang & perhatian ketika pasanganmu memberikan hal-hal kecil yang membuat kamu bahagia dan itu sangat bermakna sekali bagimu. Misalnya pasanganmu datang membawa hadiah makanan untukmu, Nah kamu gak perduli harganya berapa atau belinya dimana tapi melainkan ada Rasa dan Makna berarti banget buat kamu merasa kalo pasanganmu sayang dan perhatian terhadapmu. Fyi, setelah aku ikutin test untuk mengetahui type bahasa cinta ku sendiri ternyata adalah receiving gifts,hahaha..., sempat deep thought masa sih, tapi ternyata ada benernya.. contohnya dikasih coklat dari orang yang aku suka, sanking bahagianya coklatnya bisa aku simpan terus atau bungkusnya aku simpan buat memorable  gitu.  Yah kurang lebih begitulah contohnya.hahaha...

4. Acts Of Service

Nah bagi kamu yang memiliki Love Language Acts Of Service sebuah kata "aku sayang kamu", "i miss you" or "i love you" itu tidak terlalu berarti, maksudnya masih ada artinya cuma gak ada makna mendalam atau spesial banget bagimu. Acts Of Service lebih cendrung Talk Less Do More, Misalnya, pasanganmu menemani kamu ke tujuanmu, atau mengantar kamu balik ke rumah, atau langsung datang ketemu ketika merasa kangen. Dengan demikian kamu merasa akan di cintai dan disayangi sepenuh hati oleh pasanganmu.

5. Physical Touch

Untuk yang satu ini bukan berarti berhubungan negatif yah, Physical Touch Melainkan sebagai bentuk afeksi dari pasanganmu ke kamu atau sebaliknya. Misalnya, Kamu merasa bahagia dan merasa tenang ketika tangan kamu digenggam atau kamu merasa sangat disayang ketika dia mengelus kepala kamu. Ketika kamu bersedih dipeluk dengan tulus, kamu akan merasa tenang dan dicintai sepenuh hati oleh pasanganmu.

Nah, Setelah kamu membaca Five Love Language, kira-kira secara tebak-tebakan kamu sudah bisa menebak diri kamu pemiliki bahasa cinta yang cendrung atau dominan nomor berapa? Tulis di kolom komentar yah, kali aja aku punya saran pendapat untukmu, hehehe.., wadaw..,bisa-bisa jadi blog cinta nih blog gw hahaha..πŸ˜‚ Setiap orang memiliki gaya bahasa cintanya berbeda-beda, Maka dari itu pentingnya juga mengetahui Love Language mu dan pasangan.

CARA MENGETAHUI LOVE LANGUAGE ORANG LAIN

Sekarang kan kamu sudah tahu kamu memiliki Love Language yang mana, Nah giliran kamu perlu mengetahui Love Language pasanganmu, sahabat atau orang yang terkasih dan sayang.

Nah, dikutip dari Lifehack oleh SatuPersennet, ada beberapa tips untuk mengetahui dan mengkomunikasikan tentang Love Language orang yang kamu tuju, antara lain :

1. Mengenal Pasangan Lebih Dalam

Kamu bisa mencari tahu apa yang membuat pasangan kamu merasa terpenuhi dalam hubungan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa hal, Apa yang membuat dirinya bahagia dan tidak ?, Apa yang dia inginkan dan harapkan dalam sebuah hubungan?, Bagaimana ia ingin diperlakukan dalam hubungan?.

2. Pelajari Love Language Pasangan

Suatu komunikasi yang baik adalah komunikasi dua arah artinya komunikasi yang nyambung antara kamu dan pasangan. Akan lebih mantap lagi bila kamu mengetahui jawaban dari pertanyaan pada nomor satu, kemudian kamu bisa memperlakukan pasangan kamu sesuai dengan yang ia ingin dan harapkan. Kalo kamu rasa kurang akurat type Love Language tebakan kamu berdasarkan jawabannya tentang hal tersebut, kamu bisa ajak pasangan kamu untuk diskusikan tentang Five Love Language ini.
Jadi, misalnya kamu sudah paham kalo Love Language pasanganmu "Words Of Affirmation", yah kamu bisa sering-sering ungkapan perkataan yang membuatnya bahagia seperti "i love you". Ini akan terasa mudah dilakukan oleh orang yang type romantis dan agak sulit untuk orang yang type cuek. Selagi kamu emang menginginkan dan sayang dia, pasti ada cara untuk bisa saling bahagia, yahh kalo engga bisa, silahkan exit lah,hahaha..

3. Diskusikan Perbedaan Love Language Dengan Pasangan

Nah, ditahap ini kamu sudah dapat jawaban nomor satu dan dua, namun Love Language kamu dan pasangan berbeda. Sangat penting untuk diskusikan karena kamu dan pasangan pasti ingin diperlakukan seperti apa oleh masing-masing. 

Contohnya, Love Language kamu, Receiving Gift sedangkan pasangan kamu Quality Time, Nah, kalian bisa saling belajar untuk memperlakukan pasangan sesuai diinginkan. Pasangan kamu belajar untuk memberikan hal-hal kecil ketika ketemu denganmu dan sebaliknya kamu menghargai waktu saat bersamanya menikmati waktu berdua saling bertukar cerita atau menjadi pendengar yang baik.

Okelah kalau begitu, demikian tulisan blog aku kali ini, Mungkin kamu punya cara tersendiri atau lainnya dalam Bagaimana dan Seperti apa kalian membuat hubungan nyaman, bahagia dan penuh rasa dicintai. Yah, itu sah-sah saja, yang terpenting harus di ingat dalam Satu Hubungan harus Take And Give serta Dua arah, harus keduanya merasa terpenuhi agar hubungan tersebut berjalan adem-ayem terus.

Terimakasih buat ladies dan soib pembaca setia blog ku,jangan lupa di follow yah blog ini, terdapat di pojok kiri pada halaman utama 😘😘 Semoga bermanfaat yah.., beri tanggapan kalian yah tentang artikel kali ini di kolom komentar, Kunjungi juga instagram ku dan baca juga yah postingan blog ku lainnya.

Love you, πŸ’“ 

No comments:

Post a Comment

My feed

Author

Putri Sri Rezeki

Find me

Ikuti